CARA INSTAL ZENTYAL SERVER

Untuk posting hari ini aku akan membahas tentang Installer Zentyal didasarkan pada installer Ubuntu Server. Sudah akrab dengan installer ini juga akan menemukan proses instalasi sangat mirip.

Untuk mulai dengan, Anda memilih bahasa instalasi, dalam contoh ini bahasa Inggris yang dipilih. tapi pilih sesuai bahasa yang anda inginkan,

_images/installation1.pngPemilihan bahasaAnda dapat menginstal Zentyal dengan menggunakan modus default yang menghapus semua isi disk dan menciptakan partisi yang diperlukan oleh Zentyal dengan menggunakan LVM [5] atau Anda dapat memilih mode ahli yang memungkinkan disesuaikan partisi. Sebagian besar pengguna harus memilih pilihan default kecuali mereka menginstal pada server dengan software RAID atau mereka ingin membuat partisi khusus sesuai dengan persyaratan tertentu.

_images/installation2.pnginstaller start

Dalam langkah berikutnya memilih bahasa untuk antarmuka sistem Anda. Untuk mengatur bahasa, Anda akan diminta untuk negara Anda, dalam contoh ini Amerika Serikat dipilih.

_images/installation3.png

Geographical location

You can use automatic detection for setting the keyboard: a few questions are asked to ensure the model you are using is correct. Otherwise, you can select the model manually by choosing No.

_images/installation4.pngKeyboard configuration 1
_images/installation5.pngKeyboard configuration 2
_images/keyboard3.pngKeyboard configuration 3

Jika Anda memiliki adapter jaringan, installer akan meminta Anda untuk satu utama Anda, salah satu yang akan digunakan untuk mengakses internet selama instalasi. Installer akan mencoba untuk otomatis mengkonfigurasi menggunakan DHCP. Jika Anda hanya memiliki satu antarmuka, Anda tidak akan melihat pertanyaan ini

_images/netcard.pngPilih antarmuka jaringan primerSekarang memilih nama untuk server Anda: nama ini penting untuk identifikasi host dalam jaringan. Layanan DNS akan secara otomatis mendaftarkan nama ini. Samba juga akan menggunakan nama domain ini, karena anda akan lihat nanti.

_images/installation6.pnghostnameSelanjutnya, installer akan meminta Anda untuk account administrator. Pengguna ini akan memiliki hak administrasi dan di samping itu, pengguna yang sama akan digunakan untuk mengakses antarmuka Zentyal.

_images/installation9.pngsistem nama penggunaPada langkah selanjutnya Anda akan diminta untuk password pengguna. Penting untuk dicatat bahwa pengguna didefinisikan sebelumnya, dapat mengakses, menggunakan password yang sama, sistem baik (melalui SSH atau login lokal) dan antarmuka web Zentyal. Oleh karena itu Anda harus benar-benar berhati-hati untuk memilih sebuah password yang aman (lebih dari 12 karakter, termasuk huruf, angka dan simbol).

_images/installation10.pngPassword

Di sini, masukkan password lagi untuk memverifikasinya.

_images/installation11.pngConfirm password

Pada langkah berikutnya Anda akan diminta untuk zona waktu Anda. Hal ini secara otomatis dikonfigurasi tergantung pada lokasi yang dipilih sebelumnya, tetapi Anda dapat mengubahnya dalam hal ini tidak benar.Time zone

Time zone

Progress bar instalasi sekarang akan muncul. Anda harus menunggu untuk sistem dasar untuk menginstal. Proses ini bisa memakan waktu sekitar 20 menit, tergantung pada server.

Base system installationInstalasi sistem dasarSetelah instalasi sistem dasar selesai, Anda dapat mengeluarkan CD instalasi dan restart server.

_images/installation13.pngRestart

Sekarang sistem Zentyal Anda terinstal! Sebuah antarmuka grafis dalam browser web dimulai dan Anda dapat mengakses antarmuka administrasi. Boot pertama akan mengambil waktu ekstra ketika mengkonfigurasi modul Zentyal inti. Setelah restart pertama, lingkungan grafis secara otomatis mulai, mulai sekarang Anda harus mengotentikasi sebelum dimulai.

_images/installation14.pngGrafis lingkungan dengan antarmuka administrasiUntuk mulai mengkonfigurasi profil Zentyal atau modul, Anda harus memasukkan username dan password yang ditunjukkan selama proses instalasi. Setiap pengguna Anda menambahkan kemudian untuk kelompok sudo dapat mengakses antarmuka Zentyal dan memiliki hak sudo dalam sistem.

[5] LVM adalah manajer volume logis di Linux, Anda dapat menemukan pengenalan LVM manajemen di http://www.howtoforge.com/linux_lvm.
awal konfigurasi

Ketika Anda mengakses antarmuka web untuk pertama kalinya, wizard konfigurasi akan dimulai. Untuk memulainya, Anda dapat memilih fungsi untuk sistem anda. Untuk mempermudah pemilihan ini, di bagian atas antarmuka Anda akan menemukan pra-desain profil server.

_images/scr1.pngZentyal profiles

Zentyal profiles available for installation:

Zentyal Gateway:
Zentyal will act as a gateway of the local network, offering secure and controlled access to Internet.
Zentyal Infrastructure:
Zentyal manages the infrastructure of the local network with basic services such as DHCP, DNS, NTP, and so on.
Zentyal Office:
Zentyal can act as server for shared resources of the local network: files, printers, calendars, contacts, user profiles and groups.
Zentyal Unified Communications:
Zentyal can act as a communications center for the company, handling e-mail, instant messaging and VoIP.

You can select any number of profiles to assign multiple roles to your Zentyal Server.

We can also install a manual set of services just clicking on their icons, without having to comply with any specific profile. Another possibility is to install a profile and then manually add the required extra packages.

We are going to develop the Infrastructure profile in this example. The wizards you will see during the installation depend on the packages you have selected to install in this step.

Once you have finished the selection, only the necessary additional packages will be installed. This selection is not definitive and later you can install and uninstall any of the Zentyal modules via the software management tools.

_images/scr2.pngekstra dependensiSistem akan memulai proses instalasi modul yang diperlukan dan Anda akan ditampilkan sebuah progress bar, serta beberapa slide yang menawarkan pengenalan singkat untuk fungsi Zentyal inti dan paket komersial.

_images/scr3.pngInstalasi dan informasi tambahanSetelah proses instalasi telah selesai, wizard konfigurasi akan mengkonfigurasi modul baru dan kemudian Anda diminta beberapa pertanyaan.

Pertama-tama, Anda akan diminta untuk informasi mengenai konfigurasi jaringan Anda. Kemudian Anda perlu mendefinisikan setiap antarmuka jaringan sebagai internal atau eksternal, dengan kata lain, apakah itu akan digunakan untuk terhubung ke jaringan eksternal seperti internet, atau ke jaringan lokal. Kebijakan firewall yang ketat akan diterapkan untuk semua lalu lintas yang datang melalui antarmuka jaringan eksternal.

_images/scr4.pngAwal konfigurasi antarmuka jaringanSelanjutnya, Anda harus memilih domain lokal terkait dengan server kami, jika Anda telah mengkonfigurasi antarmuka eksternal (s) menggunakan DHCP mungkin akan terisi secara otomatis. Seperti dikatakan sebelumnya, hostname kami akan secara otomatis ditambahkan sebagai tuan rumah domain ini. Domain otentikasi untuk pengguna juga akan mengambil nama ini. Anda dapat mengkonfigurasi domain tambahan tapi ini adalah satu-satunya yang akan datang pra-dikonfigurasi untuk menyediakan semua informasi yang kami butuhkan LAN klien untuk protokol otentikasi jaringan (Kerberos).

_images/scr5.pngLocal domain for the server

The last wizard will allow you to register your server. In case you already have registered, you just need to enter your credentials. If you still don’t have registered the server, you can do it now using this form.

Both ways, the form will request a name for your server. This is the name that will identify your Zentyal server in the Zentyal Remote interface.

_images/scr6.pngDaftar server AndaSetelah Anda telah menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda akan terus mengkonfigurasi semua modul diinstal.

_images/scr7.pngMenyimpan perubahanInstaller akan menginformasikan kepada anda kapan instalasi selesai.

_images/scr8.pngKonfigurasi awal selesaiCukup klik tombol dan mengakses Dashboard: server Zentyal Anda sekarang sudah siap!

_images/scr9.pngDashboard

hardware persyaratan

Zentyal berjalan pada hardware standar x86 atau x86_64 (64-bit). Namun, Anda harus memastikan bahwa Ubuntu Lucid 10.04 LTS (kernel 2.6.32) mendukung hardware anda akan menggunakan. Anda harus dapat memeriksa informasi ini langsung dari vendor. Jika tidak, Anda dapat memeriksa Ubuntu Linux Hardware Daftar Kompatibilitas [6], daftar server bersertifikat untuk Ubuntu 10.04 LTS [7] atau dengan mencari di Google.

Persyaratan Server Zentyal hardware tergantung pada modul yang Anda install. Berapa banyak pengguna akan menggunakan layanan dan apa pola penggunaan mereka.

Beberapa modul memiliki persyaratan sumber daya yang rendah, seperti Firewall, DHCP atau DNS. Lainnya, seperti Mailfilter atau Antivirus membutuhkan memori RAM lebih dan CPU. Proxy dan File sharing keuntungan modul dari disk lebih cepat karena intensif I / O penggunaan.

Sebuah RAID setup memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi terhadap kegagalan hard disk dan kecepatan peningkatan pada operasi baca.

Jika Anda menggunakan Zentyal sebagai gateway atau firewall, Anda akan memerlukan setidaknya dua kartu jaringan, tetapi jika Anda menggunakannya sebagai server mandiri, satu kartu jaringan sudah cukup. Jika Anda memiliki dua atau lebih koneksi internet, menggunakan satu kartu jaringan untuk setiap router atau menghubungkan mereka ke salah satu kartu jaringan menjaga mereka di subnet yang sama. VLAN juga merupakan pilihan.

Juga, selalu disarankan bahwa UPS ini digunakan bersama dengan server. Untuk informasi lebih lanjut lihat kacang-bab

Zentyal Profile Users CPU Memory Disk Network cards
Gateway <50 P4 or equivalent 2G 80G 2 or more
50 or more Xeon Dual core or equivalent 4G 160G 2 or more
Infrastructure <100 P4 or equivalent 1G 80G 1
100 or more P4 or equivalent 2G 160G 1
Office <100 P4 or equivalent 1G 250G 1
100 or more Xeon Dual core or equivalent 2G 500G 1
Communications <100 Xeon Dual core or equivalent 4G 250G 1
100 or more Xeon Dual core or equivalent 8G 500G 1

Hardware persyaratan table
Ketika menggabungkan lebih dari satu profil, Anda harus berpikir dalam hal persyaratan yang lebih tinggi. Jika Anda penggelaran Zentyal dalam lingkungan dengan lebih dari 100 pengguna, analisis yang lebih rinci harus dilakukan termasuk pola penggunaan, pembandingan dan mempertimbangkan strategi ketersediaan tinggi.

  1. #1 by webman in ter net sur fer on Maret 13, 2014 - 7:03 am

    itu copas ya ? translate ny keliatan tuh … but thanks bro bermanfaatt bgt. dan salam reggae

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: